Header Ads

Grab VS Gojek Bagi Driver

MajelisRakyat|| Grab dan Gojek dua perusahaan besar yang ketenarannya tidak lagi diragukan baik di dalam Negri maupun Asia Tenggara. Dua Perusahaan Raksasa yang menyandang gelar penuh gengsi, Grab  menyandang gelar Decacorn sementara Gojek menyandang gelar Unicorn.

Grab yang bermarkas di Negri Jiran Singapura berduel ketat dan sengit di tanah kelahiran Gojek di Indonesia, saling berebut pasar dan saling merebut hati para pengguna dengan beragam layanan, potongan harga, dan beragam promo yang bisa membuat pelanggan betah hingga akhirnya memutuskan hanya menggunankan satu dari dua aplikasi Grab atau Gojek.

Grab maupun Gojek bisa besar dan dikenal oleh banyak Masyarakat khususnya di Indonesia, tidak lain dikarenakan Mitra yang berjuang membuka hutan rimba transportasi online hingga berdarah darah, melawan gempuran transportasi konvensional yang telah lama merasakan nikmatnya meraup Rupiah dari perputaran roda di aspal Indonesia.

Di awal kemunculannya baik Grab maupun Gojek menawarkan bonus yang luar biasa kepada Mitra yang bergabung, sehingga gelombang penerimaan Mitra seakan tidak terbendung, bahkan hingga mampu membuat seorang Mitra rela melepaskan statusnya sebagai Karyawan di sebuah perusahaan untuk menjadi Mitra Grab/Gojek secara fulltime.

Pendapatan yang melebihi gaji seorang karyawan membuat banyak para pejuang keluarga mempertimbangkan langkah untuk fokus menjadi Mitra di sebuah aplikasi transportasi online yang dikala itu masih baru menetas dan menjadi gelombang perubahan dalam transportasi bahkan mengubah kebiasaan masyarakat secara keseluruhan.

Dalam tulisan ini, saya sebagai penulis hanya akan membandingkan antara Grab dan Gocar khususnya layanan Roda Empat.

Pilih mana Grab atau Gojek

Fitur di Aplikasi

Buat sahabat yang sudah menjadi Mitra GrabCar pastinya sudah kenal dan paham betul mengenai aplikasi driver yang dimiliki oleh Grab.

Untuk menjamin keamanan akun mitra, dari tindakan kejahatan maka dalam 1 hari Grab akan meminta Mitra untuk melakukan selfie, yang bertujuan untuk memverifikasi wajah, jika proses ini dilewatkan maka aplikasi driver tidak akan bisa digunakan, bahkan jika berulang kali proses verifikasi gagal maka akan berujung pada suspend dan untuk mengaktifkan kembali akun harus datang ke kantor GDC Grab di kota Mitra terdaftar.

Heat Map, merupakan indikator mengenai ada tidaknya permintaan dari pelanggan di suatu daerah, dalam aplikasi driver baik Grab maupun Gocar telah memiliki fitur ini, biasanya ada 3 indikator yang di wakili oleh warna Hijau - Kuning - Merah.

Hijau merupakan indikasi adanya permintaan dari pelanggan namun kecil, Kuning menandakan permintaan dari pelanggan sudah mulai besar, sedangkan Merah menandakan bahwa ada permintaan yang sangat banyak.

Map, merupakan fitur yang menunjukkan posisi mitra dan bisa menjadi penunjuk jalan ketika mitra mendapatkan order untuk menjemput pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi tujuan.

Perbedaan Map antara Grab dan Gocar, hanya pada tampilan posisi mitra, jika pada Grab posisi mitra di wakili dengan tanda panah, maka pada Gojek diwakili dengan logo mobil, serta pada aplikasi Gojek Map bisa di zoom/ diperbesar, sementara pada aplikasi Grab untuk memperbesar Map harus mematikan fitur Heat Map.

Dalam aplikasi mitra Grab juga menyediakan fitur berbagi lokasi yamg bisa di bagikan melalui email, whatssapp, maupun sms, orang yang menerima tautan akan bisa melihat plat no tlpn mitra/driver dan bisa memantau lokasi secara realtime, fitur ini belum dimiliki oleh Gojek.

Tujuan Saya, merupakan sebuah fitur yang memungkinkan mitra untuk meminta order berdasarkan tujuan yang akan dituju, dan hanya bisa digunakan maksimal 2x dalam sehari, fitur ini juga tidak ada dalam aplikasi Gojek.

Telpon gratis, sebuah fitur yang memungkinkan Mitra menghubungi Pelanggannya dengan menggunakan layanan data internet tanpa menggunakan pulsa reguler, fitur ini hanya dimiliki oleh Grab.

Fitur Chat, baik Grab dan Gocar menyematkan fitur ini pada aplikasi mitra, hanya saja Grab memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Gojek, seperti fitur mengirim pesan suara, mengirimkan foto lokasi penjemputan.

Layanan Roda 4 ( Mobil )

Grabcar Rent ( 4,6,8,10,12), sebuah layanan sewa yang dihadirkan Grab dengan durasi 4,6,8,10,12 jam dalam kota dan 12 jam luar kota. Layanan ini tidak dimiliki oleh Gojek dengan Gocarnya.

Grabcarplus, layanan dengan mitra bintang lima, yang hanya dimiliki oleh Grabcar, serta dalam waktu dekat akan ada layanan GrabCar express yang akan melayani pengantaran barang dengan armada grabcar, dalam layanan ini Gojek telah memilikinya dengan nama Go Box yang memanfaatkan armada Pick Up.

Layanan 6 penumpang, yang memungkinkan pelanggan berpergian dengan memanfaatkan layanan ini jika lebih dari 4 orang, agar perjalanan lebih aman dan nyaman, layanan ini dimiliki oleh Grab dan Gojek.

Dompet Kredit, merupakan tempat uang elektronik mitra yang akan digunakan Grab untuk memotong komisi 20% dari setiap perjalanan, minimal saldo di dompet kredit adalah Idr 30.000,- bagi mitra Grab, jika saldo di bawah ketentuan maka orderan tidak dapat diterima.

Dompet Tunai, merupakan tempat uang elektronik mitra yang digunakan untuk menyimpan bonus dan pembayaran non tunai pelanggan Grab, dompet tunai ini bisa dipindahkan ke rek pribadi mitra atau dipindahkan ke dompet kredit bahkan ke dompet ovo mitra.

Gojek tidak mengenal Dompet Kredit dan Dompet Tunai, Gojek hanya mengenal Saldo, yang di jadikan tempat untuk menerima bonus, menerima pembayaran non tunai dan pemotongan komisi 20% serta pemotongan cicilan swadaya driver.

Minimal Saldo juga tidak dikenal di Gojek, dengan Saldo 0 atau minus Mitra tetap bisa mendapatkan order, sehingga tidak mengharuskan Mitra untuk rutin mengisi Saldo.

Pembagian Order, saat ini pada Grabcar dirasakan tidak berimbang antara Mitra Individu dan Mitra TPI, banyak Mitra Individu yang mengeluhkan bahwa Mitra TPI mendapatkan Prioritas order, Mitra TPI adalah mereka yang menyewa mobil dengan TPI yang merupakan perusahaan kerjasama dengan Grab.

Sedangkan pada Gojek/Gocar, sementara ini tidak ada pembagian order seperti pada Grabcar, namun dengan ditandatanganinya MOU antara Astra dan Gojek, membuat banyak Mitra yang merasa was was akan merasakan apa yang dirasakan mitra Grab Individu.

Dari sisi bonus Grabcar masih lebih unggul dari Gocar namun setiap daerah memiliki standart bonus yang berbeda beda, namun saya menyarankan agar tidak menjadikan bonus sebagai acuan.

Jika Sahabat berkeinginan menjadi driver taxi online, alangakah baiknya memiliki mobil dengan status tidak kredit, atau jika tidak memiliki mobil alangkah baiknya ikut sebagai driver TPI di Grabcar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.