PERJALANAN SANG RAJA HINGGA MELEGENDA (RX KING)
Berbeda dengan era sekarang,Rampok/Jambret banyak juga yang menggunakan sepeda motor jenis Matic, atau jenis lainnya, tidak ada sepeda motor yang spesifik saat ini yang bisa di indentikan dengan tindak kriminal, malah sekarang ini banyak terong terongan (anak baru gede) yang menjadi pelaku tindakan kriminal, yang di sebut begal, serta menjadi momok dalam kehidupan masyarakat, namun bukan berarti Sahabat yang memiliki serta merawat dengan baik RX KING bisa secara langsung dikatakan sebagai Rampok atau Jambret, jargon tersebut saat ini telah menghilang, dan Sahabat yang masih memiliki serta merawat RX KING bisa dikatakan pelestari sejarah dan pecinta otomotif, terlebih sekarang harga dari RX KING tidak bisa di ukur dengan uang, melainkan dengan indikator seberapa lengkapdan baik kondisinya dan seberapa besar keinginan untuk memilikinya. RX KING dalam kondisi bekas bahkan bisa melampaui harga ketika pertama kali di beli dari showroom, dan membuat kepala geleng geleng, dengan harga yang ditawarkan penjual, dari motor rampok/jambret. yang dahulu sering mengambil harta orang lain dengan cara paksa dan kekerasan, saat ini RX KING telah bertransformasi menjadi sepeda motor Rampok/Jambret dari kantong pecinta otomotif dengan rasa cinta dan kasih sayang, sebab tidak mungkin Sahabat meminang RX KING saat ini dengan harga yang terbilang mahal, dengan kondisi bekas dan tidak jarang dengan usia yang terbilang tua, tanpa didasari rasa cinta dan kasih sayang, yang akhirnya menimbulkan rasa/hasrat keinginan memiliki, bahkan tidak jarang setelah dimiliki RX KING akan menjadi pajangan dan hanya sesekali di gunakan.
Sedikit perkenalan dengan RX KING yang saat ini telah menjadi Legenda di dunia Otomotif negri tercinta Indonesia :
RX K 1980 - 1983
SPESIFIKASI | Yamaha RX K Built UP |
Produksi | 1980 - 1983 |
Jenis Mesin | 2 Stroke |
Cylinder | 1 Tegak |
Daya Maksimal | 17,5 Hp 7500 Rpm |
Torsi Maksimal | 1,54 Kgm 8000 Rpm |
Pengapian | CDI |
Kapasitas Mesin | 132 cc |
Transmisi | Manual 5 kecepatan |
Starter | Kick |
Kapasitas Tangki BBm | 9,5 Liter |
Kapasitas Oli samping | 1 Liter |
Suspensi Depan | Telescopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm Double Shockbreaker |
Pengereman | Cakram depan - Tromol Belakang |
Ban Depan | 2,75 - 18" |
Ban Belakang | 300 - 17" |
RX-K bisa dikatakan adalah awal dari pengembangan Yamaha RX King di indonesia, sebab jika tidak ada RX K, yang didatangkan langsung dari Jepang, bisa dikatakan tidak mungkin ada RX King, seperti yang kita kenal saat ini, RX K tidak begitu laku dipasaran, sehingga Yamaha membuat penelitian untuk mengembangkan sepeda motor yang bisa di termia masyarakat, penelitian dilakukan langsung oleh Yamaha Jepang, Motoaki Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobouo Aoshima, penelitian ini dilakukan mulai dari Sumatera, Jawa dan beberapa daerah lainnya.
RX K 1980 - 1983 |
1983 - 1991
Dari penelitian terebut, diketahui bahwa masyarakat Indonesia ingin sebuah Sepeda Motor Sport yang gagah dan irit, serta dengan tenaga mesin yang besar, hingga akhirnya proses kemunculun sepeda motor Yamaha RX KING generasi pertama muncul pada tahun 1983 hingga 1991, pada masa itu lebih dikenal dengan nama KING COBRA, yang juga didatangkan secara utuh dari Jepang, serta memiliki kode Block Mesin Y1 dan Y2, serta dengan melakukan penambahan teknologi baru, yaitu :
- YEIS ( Yamaha Energy Induction System) yang membuat bahan bakar lebih irit sekitar 15%,
- Yamaha Computerized Lubrication System yang meningkatkan tenaga RX KING
RX KING 1983 - 1991 |
1992 - 2001
Pada tahun 1992 RX King dilabeli dengan kata Master, dan diproduksi di Indonesia, tepatnya di Pulo Gadung Jakarta, generasi ini diproduksi hingga tahun 2001 dengan generasi awal memiliki tempat pijakan kaki yang awal menempel di swing arm belakang, dan pada tahun 1997 pijakan kaki atau footstep bagian belakang menempel pada footstep bagian depan. perbedaan mencolok anatar RX KING/COBRA 1983 - 1991 dan RX KING MASTER 1992 - 2001 terletak pada desaign tangki, setang kemudi dan Block Mesin, dimana pada KING COBRA, tangki sedikit membulat, serta stang mirip kepala ular Cobra yang menjadi sebutan masyarakat pada saat itu, dan Block mesin yang sepenuhnya crome.
RX KING MASTER 1992 - 2001 |
NEW KING
Tahun 2002, RX KING mendapatkan penyegaran dengan Nama New KING, dimana pada sektor pembuangannya sudah memenuhi standart UERO, serta menghilangkan suara garang khsa RX KING, dan pada RX NEW KING, tidak lagi di temukan kepulan asap karena sudah dilengkapai catalic converter, sehingga tidak lagi membuat siapapun di dekatnya merasakan kabut asap, serta jika Sahabat berada dibelakang RX KING sebelum NEW KING, dan menggunkan baju putih, bisa dipastikan bercak oli samping akan menempel, serta susah untuk di hilangkan.
RX NEW KING akhirnya menjadi generasi terakhir dan penutup era motor 2 tak di Indonesia bagi Yamaha pada tahun 2008, mungkin dikarenakan isu lingkungan hidup, dan harga Bahan Bakar Minyak yang mulai mahal, karena RX KING identik dengan sebuah jargon, " Jarang ke Bengkel, namun apabila lewat stasiun Bahan Bakar Minyak, maka seakan akan RX KING selalu ingin pergi mengunjunginya".
SPESIFIKASI | Yamaha RX KING |
Produksi | 1992 - 2008 |
Jenis Mesin | 2 Stroke |
Cylinder | 1 Tegak |
Daya Maksimal | 185 Ps 9000 Rpm |
Torsi Maksimal | 1,54 Kgf 8000 Rpm |
Pengapian | AC-CDI |
Kapasitas Mesin | 132 cc |
Transmisi | Manual 5 kecepatan |
Kompresi Mesin | 6,9:1 |
Kapasitas Tangki BBm | 9,5 Liter |
Kapasitas Oli samping | 1 Liter |
Suspensi Depan | Telescopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm Double Shockbreaker |
Pengereman | Cakram depan - Tromol Belakang |
Teknologi | YEIS dan YCLS |
Pembuangan | Catalic Convertor NEW KING |
Model Rangka | Double Cradle |
PxLxT | 1970 mm x 735 mm x 1065 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1245 mm |
Ban Depan | 2,75 - 18" |
Ban Belakang | 300 - 18" |
RX KING yang sering terlihat di jalanan saat ini, hampir rata rata memiliki kondisi terawat, jika Sahabat pernah melihat ada RX KING yang tidak dalam kondisi terawat di jalanan, maka jangan sungkan untuk langsung mendekati sang pengendara, dan tanyakan apakah ia mau menjual RX KING tersebut, bisa jadi sang pemilik tidak mampu lagi merawat Sang Raja, dan kemungkinan besar Sahabat akan mendapatkan mahar yang tidak begitu membuat kantong bolong.
NEW KING |
Sumber Tulisan dirangkum dari berbagai sumber : Motorganteng - Motorplus - Zonabikers
Post a Comment