Header Ads

PERJALANAN SANG RAJA HINGGA MELEGENDA (RX KING)


MajelisRakyat|| Yamaha RX King, hampir dipastikan semua Sahabat yang ada di seantero negri tercinta ini, pasti tidak asing dengan sepeda motor, produksi Yamaha ini, pada eranya motor ini sering di kaitkan dengan tindak kejahatan, maklum pada saat periode itu, sepeda motor ini kerap digunakan para pelaku tindakan kriminal untuk menjalankan aksinya, perampok atau jambret, sering menggunakannya, hingga ketika malam hari menjelang, disaat sahabat sedang berjalan sendiri diatas sepeda motor di tengah jalan yang gelap, dan terdengar suara RX KING yang sangat familiar, maka bisa dipastikan jantung Sahabat akan berdetak kencang laksana sedang jatuh cinta, sebab otak Sahabat langsung memberi informasi ke seluruh jaringan bahwa ada bahaya yang mengancam, hingga akhirnya ketakutan itu reda, setelah dari kaca spion Sahabat melihat dengan pasti wajah Pak Rt yang sedang duduk menikmati  RX KING kesayangannya, sekalipun yang mengendarainya adalah Pak RT, namun pada era itu anggapan bahwa RX KING adalah sepeda motor rampok atau jambret,

Berbeda dengan era sekarang,Rampok/Jambret banyak juga yang menggunakan sepeda motor jenis Matic, atau jenis lainnya, tidak ada sepeda motor yang spesifik saat ini yang bisa di indentikan dengan tindak kriminal, malah sekarang ini banyak terong terongan (anak baru gede) yang menjadi pelaku tindakan kriminal, yang di sebut begal, serta menjadi momok dalam kehidupan masyarakat, namun bukan berarti Sahabat yang memiliki serta merawat dengan baik RX KING bisa secara langsung dikatakan sebagai Rampok atau Jambret, jargon tersebut saat ini telah menghilang, dan Sahabat yang masih memiliki serta merawat RX KING bisa dikatakan pelestari sejarah dan pecinta otomotif, terlebih sekarang harga dari RX KING tidak bisa di ukur dengan uang, melainkan dengan indikator seberapa lengkapdan baik kondisinya dan seberapa besar keinginan untuk memilikinya. RX KING dalam kondisi bekas bahkan bisa melampaui harga ketika pertama kali di beli dari showroom, dan membuat kepala geleng geleng, dengan harga yang ditawarkan penjual, dari motor rampok/jambret. yang dahulu sering mengambil harta orang lain dengan cara paksa dan kekerasan, saat ini RX KING telah bertransformasi menjadi sepeda motor Rampok/Jambret dari kantong pecinta otomotif dengan rasa cinta dan kasih sayang, sebab tidak mungkin Sahabat meminang RX KING saat ini dengan harga yang terbilang mahal, dengan kondisi bekas dan tidak jarang dengan usia yang terbilang tua, tanpa didasari rasa cinta dan kasih sayang, yang akhirnya menimbulkan rasa/hasrat keinginan memiliki, bahkan tidak jarang setelah dimiliki RX KING akan menjadi pajangan dan hanya sesekali di gunakan.

Sedikit perkenalan dengan RX KING yang saat ini telah menjadi Legenda di dunia Otomotif negri tercinta Indonesia :

RX K 1980 - 1983
SPESIFIKASI Yamaha RX K Built UP
Produksi  1980 - 1983
Jenis Mesin  2 Stroke
Cylinder  1 Tegak
Daya Maksimal  17,5 Hp 7500 Rpm
Torsi Maksimal  1,54 Kgm 8000 Rpm
Pengapian  CDI
Kapasitas Mesin  132 cc
Transmisi  Manual 5 kecepatan
Starter  Kick
Kapasitas Tangki BBm  9,5 Liter
Kapasitas Oli samping  1 Liter
Suspensi Depan  Telescopik
Suspensi Belakang  Swing Arm Double Shockbreaker
Pengereman  Cakram depan - Tromol Belakang
Ban Depan   2,75 - 18"
Ban Belakang  300 - 17"

RX-K bisa dikatakan adalah awal dari pengembangan Yamaha RX King di indonesia, sebab jika tidak ada RX K, yang didatangkan langsung dari Jepang, bisa dikatakan tidak mungkin ada RX King, seperti yang kita kenal saat ini, RX K tidak begitu laku dipasaran, sehingga Yamaha membuat penelitian untuk mengembangkan sepeda motor yang bisa di termia masyarakat, penelitian dilakukan langsung oleh Yamaha Jepang, Motoaki Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobouo Aoshima, penelitian ini dilakukan mulai dari Sumatera, Jawa dan beberapa daerah lainnya.

RX K 1980 - 1983























1983 - 1991
Dari penelitian terebut, diketahui bahwa masyarakat Indonesia ingin sebuah Sepeda Motor Sport yang gagah dan irit, serta dengan tenaga mesin yang besar, hingga akhirnya proses kemunculun sepeda motor Yamaha RX KING generasi pertama muncul pada tahun 1983 hingga 1991, pada masa itu lebih dikenal dengan nama KING COBRA, yang juga didatangkan secara utuh dari Jepang, serta memiliki kode Block Mesin Y1 dan Y2, serta dengan melakukan penambahan teknologi baru, yaitu :

  1.  YEIS ( Yamaha Energy Induction System) yang membuat bahan bakar lebih irit sekitar 15%,
  2. Yamaha Computerized Lubrication System yang meningkatkan tenaga RX KING  
RX KING 1983 - 1991





























1992 - 2001
Pada tahun 1992 RX King dilabeli dengan kata Master, dan diproduksi di Indonesia, tepatnya di Pulo Gadung Jakarta, generasi ini diproduksi hingga tahun 2001 dengan generasi awal memiliki tempat pijakan kaki yang awal menempel di swing arm belakang, dan pada tahun 1997 pijakan kaki atau footstep bagian belakang menempel pada footstep bagian depan. perbedaan mencolok anatar RX KING/COBRA 1983 - 1991 dan RX KING MASTER 1992 - 2001 terletak pada desaign tangki, setang kemudi dan Block Mesin, dimana pada KING COBRA, tangki sedikit membulat, serta stang mirip kepala ular Cobra yang menjadi sebutan masyarakat pada saat itu, dan Block mesin yang sepenuhnya crome.


RX KING MASTER 1992 - 2001























NEW KING
Tahun 2002, RX KING mendapatkan penyegaran dengan Nama New KING, dimana pada sektor pembuangannya sudah memenuhi standart UERO, serta menghilangkan suara garang khsa RX KING, dan pada RX NEW KING, tidak lagi di temukan kepulan asap karena sudah dilengkapai catalic converter, sehingga tidak lagi membuat siapapun di dekatnya merasakan kabut asap, serta jika Sahabat berada dibelakang RX KING sebelum NEW KING, dan menggunkan baju putih, bisa dipastikan bercak oli samping akan menempel, serta susah untuk di hilangkan.

RX NEW KING akhirnya menjadi generasi terakhir dan penutup era motor 2 tak di Indonesia bagi Yamaha pada tahun 2008, mungkin dikarenakan isu lingkungan hidup, dan harga Bahan Bakar Minyak yang mulai mahal, karena RX KING identik dengan sebuah jargon, " Jarang ke Bengkel, namun apabila lewat stasiun Bahan Bakar Minyak, maka seakan akan RX KING selalu ingin pergi mengunjunginya".

SPESIFIKASI Yamaha RX KING
Produksi  1992 - 2008
Jenis Mesin  2 Stroke
Cylinder  1 Tegak
Daya Maksimal  185 Ps 9000 Rpm
Torsi Maksimal  1,54 Kgf 8000 Rpm
Pengapian  AC-CDI
Kapasitas Mesin  132 cc
Transmisi  Manual 5 kecepatan
Kompresi Mesin  6,9:1
Kapasitas Tangki BBm  9,5 Liter
Kapasitas Oli samping  1 Liter
Suspensi Depan  Telescopik
Suspensi Belakang  Swing Arm Double Shockbreaker
Pengereman  Cakram depan - Tromol Belakang
Teknologi  YEIS dan YCLS
Pembuangan   Catalic Convertor NEW KING
Model Rangka  Double Cradle
PxLxT  1970 mm x 735 mm x 1065 mm
Jarak Sumbu Roda  1245 mm
Ban Depan  2,75 - 18"
Ban Belakang  300 - 18"


Saat ini Yamaha RX KING telah menjadi salah satu Sepeda Motor yang melegenda, dan menjadi kolksi, bagi para pecinta otomotif, dengan memiliki RX KING bisa meningkatkaan pamor pemiliknya, tidak heran jika RX KING bersanding dengan sepeda motor sport keluaran terbaru ataupun ketika RX KING bersanding dengan sebuah mobil di lampu merah, bisa dipastikan hampir semua mata akan tertuju pada Sang Raja, terlebih dengan kondisi yang baik.

RX KING yang sering terlihat di jalanan saat ini, hampir rata rata memiliki kondisi terawat, jika Sahabat pernah melihat ada RX KING yang tidak dalam kondisi terawat di jalanan, maka jangan sungkan untuk langsung mendekati sang pengendara, dan tanyakan apakah ia mau menjual RX KING tersebut, bisa jadi sang pemilik tidak mampu lagi merawat Sang Raja, dan kemungkinan besar Sahabat akan mendapatkan mahar yang tidak begitu membuat kantong bolong.

NEW KING

































Sumber Tulisan dirangkum dari berbagai sumber : Motorganteng - Motorplus - Zonabikers

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.