Gojek Dan Lika Liku Part 1
Majelisrakyat.xyz| Gojek sebuah fenomena transportasi Online yang didirikan oleh Nadiem Makiriem pada tahun 2010 di Jakarta, merubah wajah transportasi di Indonesia, tidak hanya melayani jasa transportasi orang atau Goride,Gojek juga memiliki jasa kirim barang/Gosend,antar makanan/Go Food,beli tiket/Go Tik,Goshop,Go Mart,Go Massage,Go Glam,Go Clean,Go Car hingga Go Box,layanan jasa yang di tawarkan oleh Gojek sesuai dengan tag line mereka An Ojek For Every Need.
Di Medan sendir Gojek mulai beroprasi di akhir tahun 2015, dimana para driver di rekrut dari kampus ke kampus, dari rt ke rt, dengan memberikan jaminan berupa Ijazah,Kartu keluarga sampai Akte Nikah, Kehadiran Gojek kala itu di medan membawa angin segar bagi banyak masyarakat medan, karena dengan hadirnya Gojek Lapangan kerja terbuka,namun di awal masa Gojek di Medan tidak heran ada juga yang apabila mau bergabung harus memberi uang upeti, namun kisah itu telah berlalu sebab oknum berjiwa kompeni sudah di depak/dipecat.
Para Driver di masa masa awal Gojek memiliki identitas tersendiri,yang bisa di kenali dari Mesa,Medn,Mdn hingga saat ini dengan akun bebas tidak lagi buatan dari Kantor Oprasional,banyak yang tadinya kerja di perusahaan memustuskan berhenti dan fokus di Gojek, dengan pendapatan yang sungguh menggiurkan pada saat itu, bayangkan dua kali dapat order Go Food driver bisa dapat bonus idr.50.000,- tidak ada potongan, malah penambahan deposit, bukan rahasia kala itu pendapatan sebulan Driver Gojek bisa mencapai idr.10.000.000,-.
Driver yang awal bergabung pastinya merasakan manisnya pundi rezeki yang diperoleh dari Gojek, dan serunya Ngebid, sebab aplikasi awal Gojek Driver mengandalkan kecepatan tangan untuk mendaptakan order, bukan seperti saat ini yang sudah menggunakan fitur autobid,zaman awal juga driver bisa memilih order yang mau di ambil,driver bisa mengaktifkan fitur Go Ride,Go food,Go send dll.
Perubahan mulai dirasakan oleh para Driver sejak meningkatknya jumlah orderan yang di barengi dengan meningkatnya jumlah Driver, Gojek mulai memberlakukan Performa 14 Point dengan 70% penyelesaian dari order masuk dengan bonus Idr.100.000,-, kemudian performa turun hingg 40%,selanjutnya point meningkat dari Point 18 performa 40% bonus Idr.100.000,-, 20 Point performa 40% bonus Idr.100.000,- hingga penurunan bonus dengan point 20 performa 40 bonus Idr.90.000,- dan saat ini Point 20 Performa 40% bonus Idr.80.000,-
Di tambah lagi jumlah Driver yang semakin bertambah setiap hari, saat ini Driver Gojek juga mempunyai tanntangan dari abang abang Betor yang menolak kehadiran mereka, tidak terhitung Konflik Gojek Vs Betor, belum lagi Orderan Fiktif yang menghantui Driver selama bertugas,dan konsumen yang tidak menghargai kenerja para Driver yang rela panas,hujan menjalankan order.
Jika diamatai semua peraturan yang ada lebih mementingkan Customer ketimbang Driver yang berjibaku di Jalanan menjalankan Order, demi kehidupan keluarga dan tentunya Driverlah ujung tombak PT Gojek Indonesia, ibarat Oli dan Piston hubungan antara PT GI dan Driver, sehingga patutlah kita sebagai User dan pengguna setia Gojek menghargai kerja keras dan pelayanan para Driver yang sudah berjuang melawan Panas,Hujan menembus gelap dan dinginnya malam untuk keperluan para Customer,dan menghidupi para Karyawan di Kantor Opsnya, Hebat bukan main Driver Gojek bukan hanya bermanfaat buat Keluarga tapi juga Buat Orang lain.
Salam Satu Aspal
Post a Comment