Header Ads

10 START UP TERBAIK DI INDONESIA DAN 4 PENILAIAN VENTURES CAPITAL

MajelisRakyat|| Start Up, sebuah perusahaan rintisian yang memiliki valuasi harga di bawah 1 Milliar US$ atau lebih, dan masih dalam fase berkembang, Indonesia memiliki perusahaan Start Up yang terkenal dan telah menjelma menjadi perusahaan Unicorn, dengan nilai lebih dari 1 Milliar US$, GOJEK, siapa yang tidak mengenal perusahaan satu ini, dan hampir setiap hari, hampir seluruh rakyat di Republik ini menggunakannya, mulai dari kirim barang, beli makan siang, atau sekedar membeli tiket nonton, dan pergi ke rumah teman atau kantor dengan memanfaatkan layanan GOJEK.

Sebuah perusahaan seperti GOJEK, bukan muncul secara tiba tiba, mereka melewati fase awal hingga akhirnya menjadi sebuah Unicorn seperti saat ini, dalam perjalanannya,GOJEK telah beberapa kali mendapatkan bantuan dana, yang membuat mereka semakin berkembang, tidak hanya GOJEK, banyak perusahaan Start Up baru bermunculan, dan pastinya memerlukan dana untuk membantu agar perusahaan Start Up bisa berkembang dan menjelma menjadi sebuah UNICORN, yang tentu saja akan menambah pundi pundi uang pada CEO dan orang orang yang berkecimpung didalamnya.



Menurut Chandra Tjan, Co Founder dan dan Managing Alpha JWC Ventures ada 4 kriteria untuk sebuah Start Up agar bisa mendapatkan pendanaan.

1.PEOPLE
Orang orang yang berada dalam sebuah Start Up menjadi penilaian, bukan hanya sosok namun karakter dan sikap orang orang yang ada dalam Start Up akan menjadi penilaian.

2.PRODUCT 
Apa yang akan dijual oleh sebuah Start Up juga merupakan penilaian dalam menentukan apakah sebuah Start Up layak untuk menerima pembiayaan.

3.PROBLEM
Pihak Ventures juga menilai apakah product yang di miliki Start Up bisa menyelesaikan sebuah maslah atau tidak, jika product dari sebuah Start Up mampu memberikan solusi yang berarti, apabila sebuah Start Up hanya memiliki Product yang tidak bisa memecahkan masalah maka akan sia sia dan tidak berarti.

4.POTENSI
Apakah sebuah Start Up memiliki potensi yang luas, atau hanya digunakan atau bermanfaat secara lokal, jika potensi sebuah Start Up bisa dirasakan secara Global maka akan menambah nilai dari Start Up tersebut. (sumber; maxmanrooe)

Buat para Sahabat yang sedang mengembangkan sebuah Start Up ada baiknya untuk mempertimbangkan 4 poin diatas, sebelum memutuskan hendak membuat sebuah Start Up, bagaimana orang orang yang terlibat dalam Start Up Sahabat, Product seperti apa yang akan Sahabat tawarkan, serta apakah product dari Start Up sahabat harus bisa menjadi jawaban atas problem yang ada di masyarakat, dan tentunya harus bisa menjadi solusi untuk kehidupan masyarakat Global, semua itu agar Start Up Sahabat bisa menjadi sebuah UNICORN yang membanggakan tidak hanya keluarga namun Nusa dan Bangsa.

Posisi Start Up di Indonesia

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.